Berita / Berita Terbaru / Detail

218 Desa di Kebumen Bayar Lunas PBB Serentak Secara Non Tunai

Berita Terbaru 28 Januari 2020 14:03:20 WIB Humas Kebumen dibaca 25 kali

ALIAN - Sebanyak 218 desa melunasi Pajak Bumi Bangunan (PBB)serentak pada acara pembayaran pajak bumi dan bangunan tahun 2020 satu hari lunas, Selasa 28 Januari 2020.  Tahun ini merupakan tahun kedelapan setelah digelar sejak 2013 lalu.

Pembayaran PBB serentak non tunai diselenggarakan di tiga tempat. Yaitu di SDN Tlogowulung Kecamatan Alian, Balai Desa Nogoraji Kecamatan Buayan, dan Pasar Soma Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam.

Bupati KH Yazid Mahfudz, mengatakan peran serta masyarakat dalam pelunasan PBB makin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan progres positif penerimaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2019, jumlah desa/kelurahan yang mengikuti Satu Hari Lunas sebanyak 128 desa/keluarahan, dengan realisasi penerimaan PBB per 31 Desember 2019 melampaui target sebesar 107,16 persen atau sebesar Rp 47 miliar.

Pada 2020 ini jumlah peserta Satu Hari Lunas PBB meningkat menjadi 218 desa/kelurahan dengan target penerimaan Rp 15 miliar.

"Ini menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan yang didukung pula dengan semakin meningkatnya kualitas pelayanan dan program kegiatan pengelolaan perpajakan daerah dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten," ujarnya.

Yazid Mahfudz, menyampaikan pada 2020, Pajak Daerah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah memiliki kontribusi dalam pembiayaan pembangunan di Kabupaten Kebumen. Dari jumlah 26 persen Pajak Daerah di APBD Kebumen tahun 2020, menargetkan penerimaan yang berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan sebesar 42 persen atau Rp 47 miliar.

"Untuk mencapai target tersebut diperlukan upaya-upaya inovatif agar sumber pembiayaan pembangunan daerah ini dapat memberikan hasil yang signifikan, mulai dari pengelolaan data, penggalian potensi, penagihan, dan peningkatan pelayanannya," kata dia.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Kepala Bapenda Kebumen Mahmud Fauzi, Kepala Kantor Pertanahan Kebumen Tugas Dwi Padma. Serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.

Pada kesempatan itu juga dilakukan video conference antara Bupati KH Yazid Mahfudz, dengan Wabup H Arif Sugiyanto SH yang berada di Desa Gunungsari dan Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH di Desa Nogoraji Kecamatan Buayan.(*)