Berita / Berita Terbaru / Detail

80 Peserta Program Pemagangan Siap Diberangkatkan ke Jepang

Berita Terbaru 13 Maret 2020 19:26:01 WIB Humas Kebumen dibaca 14 kali

KEBUMEN - Sebanyak 80 peserta calon program pemagangan segera diberangkatkan ke Jepang. Mereka merupakan peserta yang dinyatakan lolos seleksi pemagangan ke Jepang sejak September 2019 lalu.

Sebelum mengikuti pelatihan nasional di Bekasi, mereka mengikuti wawancara  bersama orangtuanya. Acara tersebut dibuka oleh Bupati KH Yazid Mahfudz, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Jumat, 13 Maret 2020.

Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan pesera calon pemagangan ke Jepang merupakan orang-orang pilihan yang berkualitas dari sekian banyak pelamar. Untuk itu Bupati menjaga nama baik Kabupaten Kebumen di negeri sakura.

"Pengiriman tenaga magang ke Jepang ini menguntungkan bagi kita. Karena dengan demikian dapat meningkatkan kualitas ketrampilan para pencari kerja di Kebumen," kata Yazid Mahfudz.  

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disnaker KUKM) Kebumen, Siti Kharisah, menjelaskan dari 80 peserta itu sebanyak 71 orang yang mengikuti seleksi di Kebumen. Sisanya berasal dari Lampung, Tulungagung, dan Bekasi.

"Untuk warga Kebumen sendiri ada 31 orang," terang Siti Kharisah.

Menurutnya, setelah ini para peserta akan mengikuti pelatihan nasional di Bekasi selama dua bulan. Setelah itu, mereka langsung akan diberangkatkan ke Jepang.

Pelatihan nasional untuk meningkatkan kompetensi, kualitas, dan keterampilan serta menyerap pemanfaatan teknologi. Sehingga terjadi perubahan mental sikap pada tenaga kerja menjadi lebih produktif.

"Mereka akan bekerja di perusahaan berbagai bidang kejuruan. Seperti industri manufaktur dan konstruksi dalam 3 tahun ke depan," pungkasnya.(*)