Berita / Berita Terbaru / Detail

Agar Sehat, Gus Yazid Ajak Masyarakat Kebumen Membiasakan Diri Jalan Kaki

Berita Terbaru 09 Agustus 2019 11:59:59 WIB Humas Kebumen dibaca 10 kali

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, melepas peserta jalan sehat di Alun-alun Kebumen, Jumat (9/8) pagi. Kegiatan tersebut dalam rangka peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen.

Turut hadir, Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Kepala Dinas Kesehatan Y Rini Kristiani, serta pimpinan OPD lainnya.

"Jalan sehat adalah olahraga yang murah meriah, namun memberikan manfaat yang banyak untuk tibuh kita," kata Yazid Mahfudz, dalam sambutannya.

Bupati menyampaikan, berdasarkan hasil penelitian, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa mengurangi kemungkinan terserang penyakit diabetes hingga 58 persen.

"Jalan kaki yang dilakukan secara cepat juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis dan kanker," ujarnya.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak masyarakat Kebumen untuk membiasakan pola hidup sehat. Sebab, kesehatan merupakan investasi terbesar yang mutlak diperlukan setiap orang.

"Tanpa kesehatan segala semua yang dimiliki kan tidak bermakna. Sehat itu tidak hanya fisik, tetapi juga sehat pikiran dan jiwa," tegasnya.

Sementara itu, ratusan peserta mengikuti jalan sehat yang mengambil start di Alun-alun Kebumen. Kemudian, menyusuri Jalan Pahlawan hingga Tugu Lawet ke arah Jalan Kusuma. Selanjutnya, lurus ke arah Jalan HM Sarbini ke barat hingga simpang PLN lama dan kembali ke Alun-alun Kebumen.

Pada kesempatan itu, panitia menyediakan sejumlah doorprize yang diberikan kepada peserta yang beruntung. Diantaranya, sepeda, televisi, dispenser dan hadiah menarik lainnya.

Selain jalan sehat, pada kesempatan itu juga digelar pengobatan gratis. Masyarakat yang hadir dibebaskan memeriksakan kesehatannya tanpa dipungut biaya.(*)