Berita / Berita Terbaru / Detail

KEBUMEN - Sebanyak 30 kelas dilombakan pada Lomba Kicau Burung Jatijajar Geo Bird di halaman parkir obyek wisata Goa Jatijajar Kecamatan Ayah, Minggu (21/7).

Ratusan pecinta kicau burung mengikuti lomba dalam rangka membumikan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong ini.

Peserta lomba kicau burung ini tak hanya datang dari Kebumen. Tetapi diikuti juga dari sejumlah daerah, seperti Boyolali, Banjarnegara, Purwokerto, Purworejo dan daerah lainnya.

Total hadiah yang disipakan panitia untuk pemenang mencapai Rp 90 juta. Nilai fantastis hadiah yang ditawarkan kepada para pemenang, membuat sejumlah kalangan dari berbagai usia pun ikut mencoba peruntungan melalui lomba tersebut.

Acara Jatijajar Geo Bird dan Georooster Competition dibuka oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Turut mendampingi, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Wakapolres Kebumen Kompol Prayuda Widiatmoko, Kepala Disporawisata Azam Fatoni, Kepala Dinas Perkim LH Edi Rianto, serta sejumlah pejabat lainnya.

"Ajang ini untuk lebih mempromosikan dan mendinamiskan keberadaan geopark nasional kita. Masyarakat perlu tahu, bahwa kita sekarang sudah memiliki Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong," ujar Yazid Mahfud, disela-sela .

Menurutnya, salah satu tujuan kegiatan tersebut untuk pelestarian lingkungan dan pariwisata. Selain itu, dengan event ini, pariwisata di Kebumen akan semakin dikenal.

"Saya mengajak pecinta burung untuk menjadi penjaga pelestariannya. Burung-burung yang dipelihara adalah hasil breeding. Bukan hasil tangkapan," imbuhnya.(*)