Berita / Berita Terbaru / Detail

Buka Pesta Siaga, Zuhroh Yazid Mahfudz Kenalkan Kantor Pemkab Kebumen

Berita Terbaru 14 Maret 2020 18:49:23 WIB Humas Kebumen dibaca 14 kali

KEBUMEN - Bunda Siaga  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kebumen, Zuhroh Yazid Mahfudz, menjadi pembina upacara pembukaan Pesta Siaga tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2020 di Halaman Setda Kebumen, Sabtu, 14 Maret 2020.

Hadir pada pembukaan itu, Bupati KH Yazid Mahfudz, Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, para pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen, serta pengurus Pramuka Kwarcab Kebumen.

Pembukaan Pesta Siaga itu ditandai dengan pemukulan kentongan, pelepasan balon ke udara dan pemasangan tanda peserta.

Dalam sambutannya, Zuhroh menyampaikan melalui Pesta Siaga peserta akan berkompetisi, diuji dan dididik mengenai pentingnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai Pramuka Siaga.

Mereka akan diasah untuk dapat melaksanakan kewajiban mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki rasa kesetiakawanan, kreatif, rajin, trampil dan gembira, hemat, cermat dan bersahaja.

"Sehingga mampu berperilaku baik sesuai Janji Dwi Satya dan Dwi Darma, di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat," ujar Zuhroh.

Pada kesempatan itu, istri Bupati Yazid Mahfudz juga mengenalkan kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, lokasi Pesta Siaga kali ini.

"Tempat ini yang kalian kenal sebagai Kantor Kabupaten. Disinilah pusat penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Kebumen. Dimana para pegawai kabupaten berkantor dan melaksanakan tugas. Semoga kelak ada di antara anak-anak yang juga bertugas di tempat ini," kata Zuhroh.

Sementara itu, Pesta Siaga tingkat Kabupaten Kebumen tahun ini diikuti oleh 1.040 Pramuka Siaga. Mereka berasal dari 52 barung putri dan 52 barung putra yang merupakan perwakilan dari masing-masing kwartir ranting dimasing-masing kecamatan. Selain itu, acara tersebut juga melibatkan 100 pembina pendamping.

Ketua Panitia Pesta Siaga Kwarcab Kebumen tahun 2020, Dani Halim Hidayat, menjelaskan setiap kwartir ranting mengirimkan dua barung. Yakni barung putra dan putri.

"Setiap satu barung beranggotakan sepuluh anak," terang Dani Halim Hidayat.

Selain itu, kata Dani, peserta yang dikirim ke acara tersebut merupakan peserta pilihan yang sudah melalui seleksi di tingkat kecamatan. Mereka merupakan juara I dan II pada Pesta Siaga tingkat kwartir ranting di 26 kecamatan.

"Nantinya bagi Barung Tergiat 1 sampai 3 akan mewakili Kwarcab Kebumen pada Pesta Siaga Karesidenan Kedu 28 Maret 2020 di Wonosobo," tutupnya.(*)