Berita / Berita Terbaru / Detail

Bupati Berharap Ada Kuliner Khas Kebumen Berbahan Baku Ikan

Berita Terbaru 31 Agustus 2019 15:44:51 WIB Humas Kebumen dibaca 54 kali

KEBUMEN - Sebanyak 27 peserta mengikuti lomba masak berbahan baku ikan tingkat Kabupaten Kebumen di Alun-alun Kebumen, Sabtu (31/8). Lomba tersebut merupakan rangkaian HUT ke-74 RI dan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengatakan lomba tersebut untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas. Selain juga untuk mendorong terciptanya menu masakan berbahan baku ikan dengan kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

"Tujuannya mewujudkan kreativitas, dalam pengelolahan menu ikan, yang akan memperkaya kuliner Kebumen," kata Yazid Mahfudz, disela-sela meninjau lomba.

Menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan, bupati berharap anak-anak Kebumen akan lebih cerdas dan aktif. Sebab, ikan merupakan produk yang sangat penting bagi perkembangan otak.

"Apalagi garis pantai Kebumen cukup panjang, sehingga potensi perikanannya juga cukup besar," ujarnya.

Hadir pada acara itu, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Asisten Sekda Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen La Ode Haslan. Serta sejumlah pejabat lainnya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Masagus Herunoto, menjelaskan peserta lomba masak berbahan baku ikan merupakan perwakilan dari 26 kecamatan dan satu SMK di Kebumen.

"Bagi yang juara 1 akan mewakili Kabupaten Kebumen Kebumen untuk mengikuti ajang yang sama di tingkat provinsi," ujar Masagus Herunoto.

Setelah dinilai oleh dewan juri, juara 1 lomba masak berbahan baku ikan diraih oleh perwakilan Kecamatan Adimulyo. Juara 2 Kecamatan Sruweng dan juara 3 Kecamatan Gombong. Kemudian, harapan 1 Kecamatan Sempor, harapan 2 Kecamatan Kebumen dan harapan 3 Kecamatan Ambal.

Panitia memberikan uang pembinaan dan tropi kepada masing-masing pemenang. Yaitu, juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1,75 juta, juara 2 Rp  1,5 juta dan juara 3 Rp 1 juta. Sedangkan, harapan 1 Rp 500 ribu, harapan 2 Rp 400 ribu dan harapan 3 Rp 300 ribu.(*)