Berita / Berita Terbaru / Detail

Bupati Kebumen Berharap AKD DPRD Segera Terbentuk

Berita Terbaru 13 Agustus 2019 14:21:39 WIB Humas Kebumen dibaca 10 kali

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, berharap Alat Kelengkapan DPRD (AKD) masa keanggota 2019-2024 segera terbentuk. Sehingga kinerja pemerintah daerah tidak terganggu.

"Seuai dengan amanat dari Gubernur Jawa Tengah yang saya bacakan tadi, anggota DPRD harus gaspol," kata Yazid Mahfudz, saat menghadiri acara pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Kabupaten Kebumen masa keangotaan 2019-2024 di Gedung DPRD, Selasa (13/8).

Menurutnya ada dua pembahasan yang harus segera dibahas bersama DPRD. Yakni terkait Perubahan APBD 2019 dan RAPBD tahun anggaran 2020. Pihaknya, berharap awal Oktober seluruh AKD sudah terbentuk.

"Mulai dari Pimpinan Definitif, Fraksi, Komisi dan alat kelengkapan lainnya," ujarnya.

Sebanyak 49 Anggota DPRD Kabupaten Kebumen terpilih resmi mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPRD masa keanggotaan 2019-2024, Selasa pagi, 13 Agustus 2019.

Pengucapan sumpah dan janji tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Sapto Supriyono, dalam rapat paripurna di Ruang Paripurna DPRD Kebumen.

Hadir pada acara tersebut Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Wakil Bupati Arif Sugiyanto, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, Dandim 0709 Letkol Zamril Philiang. Serta sejumlah pejabatan dijajaran Pemkab Kebumen.

Seharusnya yang mengikuti pelantikan 50 orang, namun satu orang ditunda karena sedang menunaikan ibadah haji. Yakni Miftahul Ulum dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

DPRD Kabupaten Kebumen periode 2019-2024 didominasi oleh wajah baru. Sebab, dari 50 anggota saat ini hanya 15 orang yang tetap bertahan. Artinya, 35 Anggota lainnya merupakan orang baru.

Adapun 15 Anggota petahana yang tetap bertahan yakni Fitria Handini dan Sarimun (PDIP). Kemudian, Qoriah Dwi Puspa (Nasdem), Miftahul Ulum dan Nur Hariyadi (PKB), Yuniarti Widayaningsih dan Restu Gunawan (Golkar).

Selanjutnya, Ermi Kristanti (PKS), Rifai Yuniantoro (Demokrat), Gito Prasetyo, Bagus Setiyawan dan Kurniawan (PAN). Agus Hamim (PPP), Agung Prabowo dan Sri Susilowati (Gerindra).

Sementara itu, komposisi perolehan kursi di DPRD Kebumen pada periode lima tahun ke depan, masih didominasi oleh PDIP. Bahkan perolehannya meningkat dibandingkan Pemilu 2014 lalu.

PDIP meraup 12 kursi DPRD atau bertambah tiga kursi dari Pemilu 2014 lalu. Peringkat kedua ditempati PKB dengan 9 kursi, atau bertambah tiga kursi.

Gerindra memperoleh 7 kursi, Golkar 6 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem 4 kursi. Selanjutnya PAN hanya 3 kursi, padahal pada Pemilu 2014 lalu mampu memperoleh 7 kursi. Disusul, Demokrat yang memperoleh 3 kursi, dan PKS 2 kursi.

Berdasarkan jenis kelamin, Anggota DPRD Kebumen lima tahun ke depan didominasi oleh laki-laki. Yaitu sebanyak 39 orang atau 78 persen, sedangkan anggota perempuan sebanyak 11 orang atau 22 persen.(*)