Berita / Berita Terbaru / Detail

Bupati Kebumen Minta Parpol Gunakan Bantuan Keuangan Sesuai Peruntukkannya

Berita Terbaru 07 September 2019 09:21:34 WIB Humas Kebumen dibaca 18 kali

KEBUMEN - Bantuan keuangan untuk partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Kebumen mengalami kenaikan 46 persen atau hampir dua kali lipat. Yakni dari sebelumnya Rp 1.612 per suara naik menjadi Rp 3.000 per suara.

Kenaikan itu berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah nomor 1 tahun 2019 tentang kenaikan bantuan keuangan partai politik. SK tertanggal 26 Agustus 2019 itu atas usulan Pemkab Kebumen sejak 2018 lalu.
 
"Saya meminta kepada para partai politik untuk dapat menggunakan bantuan itu sebaik-baiknya. Sesuai dengan aturan pemerintah pusat, penggunaan sudah ditentukan sesuai peruntukannya," ujar Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, saat menghadiri Rakor Lintas Politik dan Ngopi Bareng Bupati Kebumen di Momong Resto Kebumen, Kamis (5/9).

Selain itu, Yazid Mahfudz juga meminta seluruh elemen, termasuk partai politik untuk bersinergi membangun Kabupaten Kebumen. "Termasuk mengembangkan sekaligus mempertahankan status Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong demi kesejahteraan masyarakat," pintanya.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kebumen Nurtaqwa Setyabudi, serta para pimpinan parpol di Kebumen.

Nurtaqwa Setyabudi menjelaskan pembagian bantuan keuangan partai politik tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Bantuan diberikan dalam dua termin.

Pencairan pertama diberikan kepada partai politik yang memperoleh kursi hasil Pemilu 2014. Sedang termin kedua diberikan kepada partai politik yang mendapatkan kursi hasil Pemilu 2019.

"Besarannya berbeda, untuk hasil pemilu 2014 masih Rp 1.612 dan hasil pemilu 2019 sudah Rp 3.000," terangnya.(*)