Berita / Berita Terbaru / Detail

KEBUMEN - Bupati KH Yazid Mahfudz, meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat akan informasi. Yakni dengan selalu memperbaharui informasi atau dokumen yang dimiliki baik melalui website ataupun media sosial yang dimiliki.

"Kita harus terus  memenuhi kebutuhan masyarakat melalui media-media yang kita miliki," kata Bupati, saat menjadi Pembina Upacara Bendera 17-an, Jumat, di Halaman Setda Kebumen, 17 Januari 2020.

Bupati mengatakan, informasi dan perkembangan teknologi berjalan demikian cepat. Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan informasi. Lebih cepat merespon sesuatu. Berita dan informasi menjadi hal yang bisa di akses dengan sangat mudah, murah dan cepat.

"Termasuk menyebarluaskan informasi pembangunan daerah melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio In FM, penyebarluasan informasi pembangunan daerah melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal Ratih TV," ujarnya.

Selain itu, penyebarluasan informasi pembangunan juga dilakukan melalui seni tradisional. Seperti jamjaneng, menthiet (jemblung), wayang kulit, wayang golek. Di tahun 2020, Kabupaten Kebumen akan menjadi tempat penyelenggaraan Festival Pertunjukan Rakyat (PERTURA) Tingkat eks Karesidenan Kedu.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh OPD dan stakeholder untuk mendukung," kata dia.

Disamping kebutuhan akan informasi, masyarakat juga sangat memiliki kebutuhan untuk menyampaikan informasi. Termasuk pengaduan, saran maupun masukan kepada Pemda.
Untuk memfasilitasi hal tersebut,  Pemkab Kebumen melalui Diskominfo telah mengembangkan aplikasi LAPORBUP, sebagai pengganti aplikasi Q-Men.

Masyarakat Kebumen dapat menyampaikan aduan, aspirasi, maupun laporan tentang kejadian di sekitarnya dengan mengakses http://laporbup.kebumenkab.go.id/ ataupun mendownload di playstore.

"Aplikasi tersebut menjadi sebuah awal. Yang lebih penting adalah tindaklanjutnya," tegasnya.

Menurutnya, tatakelola pengaduan masyarakat tidak akan berhasil dengan baik tanpa ada kerja sama dari OPD terkait. Oleh karena itu OPD diharapkan untuk responsif dan cepat dalam menanggapi aduan, keluhan ataupun pertanyaan dari masyarakat.

"Baik yang disampaikan melalui media sosial maupun melalui LAPORBUP," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Yazid Mahfudz juga menyerahkan tali asih kepada 61 PNS yang akan purnatugas Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Februari 2020. Salah satunya, Asisten Sekda Bidang Administrasi Supriyandono.(*)