Berita / Berita Terbaru / Detail

KEBUMEN - Untuk mewujudkan pangan yang aman dan bermutu, Pemkab Kebumen membuka layanan laboratorium mini di Pasar Tumenggungan Kebumen. Layanan lab mini sebagai sarana edukasi dan pengawasan pangan terpadu di Kabupaten Kebumen diluncurkan oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Rabu (8/5).

Hadir pada acara itu, Asisten Sekda Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Pangan Tri Haryono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Widhiatmoko, Kepala Dinas Kesehatan Y Rini Kristiani. Serta sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab, Anggota Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah dan Tim Teknis Jejaring Keamanan Pangan Daerah Kabupaten Kebumen.

Bupati Yazid Mahfudz, menyampaikan diluncurkannya lab mini sebagai komitmen dan tanggung jawab yang tinggi dalam upaya melaksanakan peningkatan mutu dan keamanan pangan di Kabupaten Kebumen.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Untuk itu, perlu adanya jaminan keamanan pangan agar kebutuhan dasar manusia tersebut aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Selain peran aktif pemerintah, kata bupati, masyarakat juga dituntut untuk mempunyai informasi dan pemahaman yang cukup terkait pangan yang aman. Sehingga mampu melakukan pengawasan secara mandiri terhadap produk pangan yang beredar di masyarakat.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan yang aman merupakan kunci keberhasilan penanganan keamanan pangan. Oleh karena itu, Pemkab Kebumen melalui Dinas Pertanian dan Pangan serta OPD terkait lainnya membuka layanan Lab Mini ini sebagai sarana edukasi dan pengawasan terpadu antar stakeholder terkait pangan.

"Saya berharap dengan adanya Lab Mini ini dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta peran aktif masyarakat dalam pengawasan keamanan pangan di Kabupaten Kebumen, khususnya di pasar-pasar tradisional," kata bupati.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, Tri Haryono, menjelaskan pelayanan ada lab mini yakni untuk pengujian sampel pangan bagi pedagang dan masyarakat secara gratis.

"Diharapkan dengan inovasi baru ini akan memberikan rasa aman bagi masyarakat selaku konsumen maupun pedagang selaku pelaku usaha yang mendistribusikan pangan. Terutama menghadapi Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri," terang Tri Haryono.

Adapun layanan di Lab Mini tersebut, diantaranya tes rodhamin B, tes methanil yellow, tes formalin, tes boraks, tes pestisida, tes halal hingga tes tiren.(*)