Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen Tuan Rumah Malam Anugerah Abiwara Pariwisata 2019

Berita Terbaru 05 Oktober 2019 23:33:46 WIB Humas Kebumen dibaca 340 kali

KEBUMEN - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menggelar Malam Anugerah Abiwara untuk Insan Pariwisata 2019 di Alun-alun Kebumen, Sabtu (5/10) malam.

Kegiatan ini sebagai wujud untuk mengapresiasi kepada insan pariwisata yang telah berkontribusi dalam pembangunan pariwisata Jawa Tengah.

Hadir pada acara tersebut Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Wakil Bupati H Arif Sugiyanto SH, Ketua DPRD Kebumen H Sarimun SSy, Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH, Kepala Disporapar Jateng Sinoeng N Rachmadi, serta sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Disporapar Jateng Sinoeng N Rachmadi, menjelaskan malam Anugerah Abiwara Pariwisata Jateng 2019, selain untuk memberikan apresiasi kepada insan pariwisata. Juga khususnya fotografer, lembaga dan penulis yang konsen terhadap pembangunan pariwisata di Jawa Tengah.

"Intinya untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada daya tarik wisata, baik yang dikelola pemerintah masyarakat untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jateng," terangnya.

Tiga jenis penghargaan yang diberikan terdiri penghargaan I hingga harapan III untuk kategori daya tarik wisata yang dikelola oleh pemerintah/BUMD.
Sementara penghargaan I sampai harapan III untuk kategori daya tarik wisata yang dikelola masyarakat/swasta/lembaga dan terakhir penghargaan untuk insan pariwisata.

Bupati Yazid Mahfudz, dalam sambutannya menyampaikan pariwisata adalah salah satu senjata dalam menggerakkan ekonomi daerah. Sebab, pariwisata merupakan salah satu sektor yang tidak terpengaruh dengan adanya goncangan ekonomi global. Pariwisata juga merupakan lokomotif kemajuan suatu daerah.

"Untuk itu, kita perlu fokus untuk mengembangkan industri pariwisata. Didukung dengan sinergi dan kolaborasi antar daerah, antar elemen dan sakeholder. Sehingga akan sistematis dan berkelanjutan," ujarnya.

Adapun para penerima penghargaan Abiwara Pariwisata 2019, yaitu Kategori Hotel Bintang diraih The Alana Hotel, Kategori Hotel Non Bintang
diraih Hotel Pondok Asri. Kategori Rumah Makan diraih Bali Ndeso Karanganyar, Kategori Mice diraih De Tjolomadoe Karanganyar dan Kategori Karaoke diraih Inul Vista Semarang

Selanjutnya, Kategori Tokoh Penggerak Pariwisata Unsur Pemerintah diberikan kepada FX Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta) dan Tokoh Penggerak Pariwisata Unsur Swasta diberikan kepada Junjung SE (Purbalingga). Kategori Karya Tulis diraih Stanley Wijaya (Magetan Jatim), Kategori Karya Foto diraih Giri Wijayanto.

Untuk Kategori Daya Tarik Wisata Dikelola Pemerintah peringkat 1 Museum BPK Kota Magelang, peringkat 2 Goa Lawa Purbalingga, peringkat 3 Taman Kyai Langgeng Kota Magelang. Peringkat 4 Goa Jatijajar Kebumen, peringkat 5 Grand Maerakaca Semarang dan peringkat 6 Palawi Resoris Batu Raden Banyumas.

Sedangkan, Kategori Daya Tarik Wisata Dikelola Swasta, peringkat 1 Bukit Sekipan Karanganyar, peringkat 2 Surya Yudha Park Banjarnegara, peringkat 3 Eling Bening Kabupaten Semarang. Peringkat 4 The Heritage Palace Sukoharjo, peringkat 5 The Village Banyumas dan 6 Water Blaster Semarang.

Kemudian, diberikan juga penghargaan untuk kategor Lembaga Pariwisata yang diraih LSP Guna Dharma Kota Semarang.

Pada kesempatan itu juga diserahkan kepada para penampil terbaik pada Event Bersama Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Yaitu penampil terbaik 1 Kota Semarang, terbaik 2 Kota Surakarta,
tebaik 3 Kab Purbalingga. Penampil terbaik 4 Kabupaten Purworejo, terbaik 5 Kota pekalongan dan terbaik 6 Kabupaten Demak.(*)