Berita / Berita Terbaru / Detail

Koperasi di Kebumen Diminta Bantu Pengembangan Produksi Garam Rakyat

Berita Terbaru 27 Juli 2019 23:15:07 WIB Humas Kebumen dibaca 24 kali

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mendorong koperasi memberikan perhatian serius terhadap keberadaan petani garam di wilayah pesisir selatan Kebumen. Sebab, saat ini produksi garam Kebumen mulai melimpah, selain juga kualitasnya jauh lebih baik dari produksi garam di daerah lainnya.

Hal itu dikatakan Yazid Mahfudz, saat menghadiri Resepsi Hari Koperasi Ke-72 tahun 2019 tingkat Kabupaten Kebumen di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Sabtu (27/7).

Gus Yazid (sapaan akrabnya) mengatakan saat ini para petani garam Kebumen sebagian telah menjadi anggota Koperasi Usaha Garam Rakyat. Namun, demikian masih perlu dukungan dari stakeholder terkait.

"Harapan saya Dekopin agar melakukan pembinaan terhadap Koperasi Usaha Garam Rakyat agar yang baru berdiri ini tidak terseok-seok," pintanya.

Menurutnya, berdasarkan hasil uji laboratorium, kualitas garam Kebumen jauh lebih baik dari garam Pantura. Baik dari sisi kandungan maupun fisiknya.

"Ini sudah ditinjau langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan dari Kementerian Setneg, produksi garam di Kebumen rencananya akan dikembangkan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, hingga Juli ini produksi garam dari Kelompok Usaha Garam Rakyat Jagad Kidul Desa Miritpetikusan Kecamatan Mirit saja telah mampu memproduksi 18 ton garam. Padahal jumlah kelompok tani garam di pesisir selatan Kebumen saat ini sudah cukup banyak.

"Harganya untuk garam Kebumen juga cukup kompetitif yaitu Rp 5.000 per kilogram. Padahal di daerah lain pada kisaran Rp 800 per kilogram," kata dia.

Tampak hadir pada Resepsi Hari Koperasi Ke-72 tahun 2019 Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, Asisten Sekda Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dinas Naker Koperasi dan UKM Kebumen Siti Kharisah, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada 15 koperasi berprestasi. Yaitu untuk kategori KPRI, KUD, KSP, KSPPS, KSU dan Koperasi lain. Masing-masing 3 koperasi.

Sedangkan, puncak perasyaan Hari Koperasi di Kebumen ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Yazid Mahfud dan diserahkan kepada pengurus Dekopin Kabupaten Kebumen.(*)