Berita / Berita Terbaru / Detail

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, meminta para kepala desa yang baru menjabat agar fokus menjalankan tugasnya melayani masyarakat. Permintaan itu disampaikan pada acara pengambilansumpah dan pelantikan kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak gelombang II tahun 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (23/7).

"Kepala desa penting untuk fokus karena desa sebagai ujung tombak pembangunan. Sehingga harus konsentrasi dan tidak boleh nyambi," tegas Yazid Mahfudz, dalam sambutannya.

Menurutnya, kepala desa dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Selain itu juga harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah desa dengan program pemerintah yang diterima oleh desa.

"Sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan. Selain itu sinergitas diperlukan untuk menciptakan keadilan antar wilayah ditingkat desa," ujarnya.

Selain itu, kades juga harus mampu merencanakan program pembangunan. Khususnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Sebab, melalui RPJMDes, Kades merencanakan apa yang dibutuhkan masyarakat desa. Sehingga, arah pembangunan yang dilakukan dapat menyentuh kehidupan masyarakat. Dengan penyusunan tersebut pemerintah desa memiliki target yang ingin dicapai.

"Agar perencanaan tersebut aspiratif, perlu melibatkan semua unsur masyarakat, seperti BPD, RT, RW dan komponen masyarakat lainnya. Sehingga masyarakat juga harus mengawal, agar rencana yang diinginkan dapat terwujud," kata bupati.

Lebih jauh, bupati mengatakan dalam pengelolaan pembangunan di desa, kades harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai dengan rencana dan ketentuan yang telah ditetapkan. "Saya tekankan jangan sampai ada gratifikasi ataupun KKN," tegasnya.

Disisi lain, bagi kepala desa yang berasal dari luar desa, bupati mengingatkan seorang kades harus bertempat tinggal di desa tersebut. Agar pelaksanaan tugas, fungsi dan kewajiban, dapat berjalan dengan lancar.

"Selain juga kedekatan dan dukungan masyarakat terhadap pembangunan semakin intensif," tandasnya.  

Hadir pada pelantikan tersebut, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Ketua Komisi A DPRD Kebumen Supriyati, Kepala Dispermades P3A Kebumen Frans Haidar, serta sejumlah pejabat lainnya.  

Sebanyak 100 kepala desa terpilih dilantik dan diambilsumpahnya oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, di di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (23/7).  Kades yang dilantik merupakan kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak 25 Juni 2019 lalu.

Adapun kades yang dilantik, yakni Kecamatan Adimulyo 4 desa, Kecamatan Alian 3 desa, Kecamatan Ambal 8 desa. Kecamatan Ayah 3 desa, Kecamatan Bonorowo 3 desa, Kecamatan Buayan 2 desa, Kecamatan Buluspesantren 3 desa, Kecamatan Gombong 4 desa.

Kemudian, Kecamatan Karanggayam 3 desa, Kecamatan Karangsambung 2 desa, Kecamatan Kebumen 4 desa, Kecamatan Klirong 5 desa, Kecamatan Kutowinangun 6 desa, Kecamatan Kuwarasan 2 desa.

Selanjutnya, Kecamatan Mirit 8 desa, Kecamatan Padureso 4 desa, Kecamatan Pejagoan 5 desa, Kecamatan Petanahan 4 desa, Kecamatan Poncowarno 3 desa, Kecamatan Prembun 3 desa. Kecamatan Puring 5 desa, Kecamatan Sadang 2 desa, Kecamatan Sempor 4 desa, Kecamatan Sruweng 4 desa, Kecamatan Karanganyar 3 desa, Kecamatan Rowokele 3 desa.(*)