Berita / Berita Terbaru / Detail

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020 Resmi Diluncurkan

Berita Terbaru 04 Desember 2019 13:50:20 WIB Humas Kebumen dibaca 32 kali

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengajak pers dan media agar membantu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk berpartsipasi positif menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Selain itu, juga melakukan liputan dengan akurat, objektif dan berimbang.

Hal itu dikatakan Bupati pada acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu, 4 Desember 2019.

Pada kesempatan itu, Yazid Mahfudz, juga meminta seluruh ASN di jajaran Pemkab Kebumen agar bersikap netral. Tetap mengutamakan tugas dengan tetap membantu suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

"Hindari berbagai bentuk penyimpangan, serta hindari terjadinya kekerasan dan konflik. Sekaligus jaga akuntabilitas dan transparansi pada tingkat penyelenggara Pemilukada," kata Yazid Mahfudz.

Bupati berharap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020 akan berjalan secara demokratis, jujur, adil dan bermartabat. "Serta dalam suasana yang aman, sejuk dan kondusif. Sehingga terpilih pemimpin yang aspiratif dan legitimate," tegasnya.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih, Anggota KPU Jawa Tengah Paulus Widyantoro, Ketua KPU Kebumen Yulianto, Komisioner Bawaslu Kebumen, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu juga diluncurkan "Silawet" sebagai maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020.

"Kami mengenalkan maskot Pilbup Kebumen Tahun 2020 yang bernama “Si Lawet”. Lawet merupakan aset kebanggaan kita, yang menjadikan Kebumen dikenal secara luas," kata Ketua KPU Kebumen Yulianto.

Demikian pula pelaksanaan Pilbup kali ini, Yulianto berharap menjadi prosesi demokrasi yang mebanggakan masyarakat Kebumen.

"Sementara baju adat melambangkan adat Jawa yang selalu mengedepankan tepo seliro dan mengingatkan kita sebagai satu saudara yaitu sedulur Kebumen," sambungnya.

Yulianto menegaskan kegiatan ini merupakan titik awal dari seluruh rangkaian tahapan dan kegiatan dalam rangka memilih Bupati Kebumen periode 2020 – 2024.

"Pemilihan Bupati sedikit berbeda dengan pemilihan gubernur maupun presiden," ucap Yulianto.

Menurutnya, bupati merupakan kepala daerah yang memiliki kedekatan langsung dengan masyarakat di wilayah pemilihannya. Oleh karenanya, atmosfer kontestasi dalam pemilihan kali ini akan lebih terasa. Masing-masing individu tentu menginginkan pemimpin yang terbaik untuk memimpin Kebumen lima tahun ke depan.

"Kami berharap mendapat dukungan dari seluruh kalangan. Baik dari masyarakat, calon kontestan, dan segenap stakeholder untuk mewujudkan pelaksanaan Pilbup yang bersih, mulai dari tahapan persiapan, pencalonan, kampanye, hingga hari 'H' pada saat pemungutan suara. Dengan begitu, pemilihan ini akan menghasilkan pemimpin terpilih yang legitimate dan baik sesuai kehendak masyarakat Kebumen," paparnya.

Yulianto mengimbau kepada seluruh pihak, untuk menjaga kondusifitas, meredam potensi-potensi konflik yang menggiring pada perpecahan dan permusuhan. Menjunjung tinggi persaudaraan dan menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan.

"Kita sukseskan Pilbup Kebumen Tahun 2020. Pemilu Resik Kebumen Apik," tandasnya.(*)