Berita / Berita Terbaru / Detail

Pilkades Serentak Lancar, Bupati Apresiasi Panitia

Berita Terbaru 25 Juni 2019 19:21:46 WIB Humas Kebumen dibaca 105 kali

KEBUMEN - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz melakukan monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Selasa (25/6).

Bersama Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), orang nomor satu di Kebumen ini memantau langsung di wilayah Kecamatan Kutowinangun dan Ambal.

Yakni di Desa Kuwarisan, Ungaran, Pejagatan dan Triwarno di Kecamatan Kutowinangun. Kemudian, di Desa Kembangsawit, Sinungrejo dan Pagedangan di Kecamatan Ambal.

Ikut mendampingi bupati, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen Erry Pudyanto Marwantoro.

Kemudian, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Maskhemi, Kepala Satpol PP Kebumen Agung Pambudi, serta sejumlah pejabat lainnya.

KH Yazid Mahfudz, mengatakan pelaksanaan Pilkades serentak di Kebumen berlangsung lancar. Pihaknya mengapresiasi atas kinerja dari semua penyelenggara, mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur Pilkades di 346 desa di Kebumen berjalan lancar," ujarnya.

Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen, Frans Haidar, menjelaskan sebanyak 1.014 calon kepala desa mengikuti Pilkades serentak 25 Juni 2019. Jumlah tersebut tersebar di 346 desa di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen.

"Hari ini setelah pemungutan suara akan langsung dilakukan penghitungan suara dan langsung ditetapkan pemenangnya," terang Frans Haidar.

Ia menjelaskan, setelah itu panitia Pilkades melaporkan ke Badan Permusyawatan Desa (BPD) masing-masing 26-28 Juni 2019. Selanjutnya, BPD menyampaikan laporan kepada Bupati Kebumen 1-5 Juli 2019. Sedangkan, pengesahan Kades terpilih dengan Keputusan Bupati Kebumen 8-18 Juli 2019.

"Untuk kades terpilih akan dilantik antara Juli sampai Sept 2019. Tergantung berakhirnya masa jabatan dari kades sebelumnya," imbuhnya.

Monitoring juga dilakukan oleh Wakil Bupati H Arif Sugiyanto bersama rombongan dan Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH.(*)