Berita / Berita Terbaru / Detail

KEBUMEN - Pemerintah Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan gelar budaya perangkat daerah di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (23/9). Acara yang diprakarsai Bagian Organisasi Sekretariat Daerah ini, dibuka Bupati KH Yazid Mahfudz.

Hadir Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen. Selain itu, juga dihadiri Perwakilan Biro Organisasi Setda Provinsi Jateng.

Sebanyak 8 OPD di lingkungan Pemkab Kebumen tampil dalam kompetisi gelar budaya kerja perangkat daerah itu. Yakni Bappenda, BKPPD, BAP3DA, Disperindag, DPMPTSP, Diskominfo, Disarpus dan Sekretariat Daerah (Setda).

Masing-masing perwakilan OPD, memperlihatkan model peningkatan kinerja yang dikemas dalam berbagai kreasi. Kedelaapan Kelompok Budaya Kerja (KBK) tersebut, diberi waktu 30 menit, untuk menampilkan yel-yel dan aksi teatrikal. Selain itu, mereka presentasinya memaparkan berbagai masalah serta solusi di OPD terkait, sebagai upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

"Gelar Budaya Kerja berperan penting sebagai pendorong terhadap kualitas kinerja untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Kita harus bisa meningkatkan motivasi dan inovasi dalam melaksanakan tugas," kata Bupati Yazid Mahfudz, dalam sambutannya.

Menurut Bupati kunci budaya kerja adalah peningkatan pelayanan publik. Yang harus dilaksanakan dan diterapkan demi terwujudnya pelayanan publik yang efisien dan efektif. Hal ini lantaran tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan terutama mengenai pelayanan publik sekarang sangat tinggi.

"Pemerintah sebagai abdi masyarakat diharapkan dapat memberikan pelayanan dalam berbagai bidang dengan baik, cepat, transparan dan dapat dipercaya, serta memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempersingkat waktu dan pelayanan," tegasnya.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kebumen Kus Haryati, menjelaskan gelar budaya kerja bukan hanya ajang kompetisi. Namun, untuk membangun kerjasama tim dengan baik, kompak, guna mencapai hasil yang diharapkan.

"Ini juga sebagai ajang menawarkan inovasi-inovasi yang mampu mengatasi setiap persoalan dalam organisasi secara cepat dan tepat," tegasnya.

Sementara itu, tim Disarpus Kebumen berhasil menjadi juara 1 pada ajang tersebut. Kemudian, juara 2 DPMPTSP dan juara 3 Diseperindag. Sedangkan, Diskominfo dan Tim Setda meraiah juara harapan 1 dan harapan 2.

Gelar budaya kerja perangkat daerah sendiri menghadirkan dewan juri Pejabat Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah dan akademisi dari STIE Putra Bangsa.(*)