Berita / Berita Terbaru / Detail

Upacara 17 Agustus, Bupati Kebumen jadi Inspektur Upacara

Berita Terbaru 17 Agustus 2019 13:44:08 WIB Humas Kebumen dibaca 91 kali

KEBUMEN - Upacara pengibaran bendera merah putih Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Alun-alun Kebumen, Sabtu (17/8) berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inpekstur upacara Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Sedangkan, Ketua Sementara DPRD Kebumen Adhitya Whisnu Bayu Aji, bertugas membacakan teks UUD 1945.

Tampak hadir Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Dandim 0709 Letkol Infa Zamril Philiang, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fork mpimda), para veteran. Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH, para asisten Sekda, staf ahli bupati, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Kebumen dan undangan lainnya.

"Seperti ungkapan Gus Dur, orang tak akan bertanya apa agamamu, apa sukumu ketika berbuat baik. Dalam masa perjuangan setelah kemerdekaan ini sudah semestinya kita tidak membedakan suku, agama atau pun ras," kata Bupati Yazid Mahfudz, membacakan sambutan tertulis Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Menurutnya, tak peduli warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya atau pun miskin, semua sama di mata negara. Founding fathers bangsa ini telah memberi contoh lewat laku, bukan sekadar gembar-gembor persatuan. Mereka berdarah-darah menegakkan kemerdekaan.

"Sebenarnya kita pun mewarisi semangat itu. Namun karena kadang kita memupuk borok dalam dada, membuat kita terlena hingga dengan rasa tanpa dosa saling menghina dan mencerca, bahkan ada yang nekad hendak mengganti Pancasila," tegasnya.

Pada kesempatan itu diserahkan juga surat keputusan remisi kepada 79 warga binaan Rutan Kebumen. Terdiri Remisi Umum I sebanyak 75 orang dan Remisi Umum II atau langsung bebas sebanyak 4 orang.

Usai upacara detik-detik Proklamasi, Bupati Yazid Mahfudz bersama anggota Forkopimda melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kebumen. Pada sorenya, digelar upacara penurunan bendera.(*)