Berita / Berita Terbaru / Detail

Buka Kejurlat Merpati Putih, Wakil Bupati Kebumen Ajak Pesilat Memiliki Ahlak Mulia

Berita Terbaru 12 Januari 2019 16:51:28 WIB Humas Pemkab Kebumen dibaca 28 kali

KEBUMEN - Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, membuka Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Antar Kelompok Latihan (Kejurlat) 2019 di SMK Negeri 1 Kebumen, Sabtu (12/1).

Acara yang diselenggarakan oleh Perguruan Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih Cabang Kebumen  digelar 12-13 Januari 2019. Kejuaraan tersebut untuk mencari dan menyeleksi peserta untuk mendapatkan atlet potensial dan berbakat.

Sebanyak 271 pesilat ambil bagian dalam Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Antar Kelompok Latihan (Kejurlat) 2019. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 155 pelajar SMP/MTs dan 116 pelajar SMA/SMK/MA putra putri antar dari 29 kelompok latihan (Kolat) Merpati Putih yang ada di Kebumen.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kebumen menyampaikan kejuaraan pencak silat sebagai tempat penggemblengan generasi menuju terwujudnya generasi yang ideal. Sehat mental dan raganya, kuat fisik dan rohaninya.

"Momen ini dapat memotivasi dan lebih meningkatkan dalam mengembangkan teknik dan kemampuan pencak silat dengan berkompetisi dengan sehat dan sportif," ujarnya.

Menurutnya, Pencak Silat merupakan olahraga seni bela diri tradisional yang usianya sudah cukup tua. Sebagai salah satu olahraga seni asli nusantara, Pencak Silat sudah seharusnya menjadi olahraga yang populer di masyarakat.  

"Tidak hanya generasi terdahulu yakni para orang tua, tetapi juga para kawula muda bahkan anak-anak kiranya perlu mengenal dengan baik olahraga Pencak Silat, yang mengutamakan keindahan gerak, kekuatan otot, serta strategi pukulan," terangnya.

Ia berharap melalui kejuaraan seperti ini perguruan-perguruan pencak silat bukan hanya mencetak pesilat yang tangguh. Tetapi juga menjadi ajang penggemblengan pribadi-pribadi yang berahlak mulia.

"Saya percaya, bahwa akhlak mulia menjadi prioritas utama karena percuma menjadi pendekar silat apabila tidak berakhlak baik," tegasnya.(*)